VPS Indonesia: Ini nih perbedaan VPS dan Web Hosting

vps hosting

Bagi Anda yang akan melangkah menuju bisnis online dengan menggunakan website, Anda akan mendapatkan referensi berbagai macam web hosting di mesin pencari “mbah“ Google. Mungkin Anda sering dibingungkan dengan beberapa macam istilah. Seperti VPS, Web Hosting, dan Cloud Server.  Jika pun Anda penjelasan, mungkin Anda masih tetap bingung dengan maksudnya. Apa bedanya VPS Indonesia dengan web hosting murah yang banyak beredar saat ini? Bagi pemula, hal ini sangatlah urgen. Karena berkaitan dengan pola kerja dan kebutuhan Anda  nanti.

Ya, VPS, Cloud Server, dan Web Hosting sama-sama teknologi IT yang berguna sebagai tempat untuk menyimpan file dalam website Anda di jaringan internet. Meskipun sama-sama memiliki fungsi sebagai memori, ketiganya memiliki sistem kerja yang berbeda. Apakah itu? Berikut penjelasan tentang ketiga hal tersebut. Semoga membantu.

VPS. VPS merupakan singkatan dari Virtual Private Server.  Saat ini VPS hosting terbagi menjadi dua macam. Yang pertama kali keluar disebut dengan VPS generasi pertama. Jika diibaratkan dengan mesin, maka mesin VPS ini hanya ada satu atau satu komputer. Selanjutnya satu fisik mesin itu dishare secara virtual kepada user atau pelangga lain dengan kapasitas penyimpanan yang lebih kecil. Atau dengan kata lain Jadi semua user menggunakan sistem operasi yang sama. Namun bentuk platformnya dapat kita atur sendiri.

Kelemahan dari VPS generasi pertama yakni apabila ada user yang menggunakan memori melebihi kapasitas bagiannya dan menimbulkan gangguan, maka ini akan berimbas pada user lainnya. Seperti loading lemot, bahkan tidak bisa diakses sama sekali. Kelemahan lainnya lagi yaitu setiap user belum mendapatkan privasi dalam mengakses berbagai macam aplikasi dari komputernya. Karen semua user bisa saling melihat setiap aktivitas user lainnya. Dan jika mesin fisik VPS gagal, maka semua user penggunanya akan mati.

VPS Indonesia generasi kedua yang saat ini sedang hits di kalangan penyedia jasa hosting website, yakni Cloud VPS atau Cloud Server. Teknologi ini merupakan pengembangan dari sistem VPS terdahulu. Jika dahulu satu mesin fisik  disewakan atau dibagi  menjadi beberapa virtual mesin kepada beberapa user, maka ini adalah satu mesin fisik bergabung dengan mesin fisik lainnya untuk menangani VPS yang lebih besar. Jadi, jika salah satu pelanggan VPS mengalami gangguan, hal ini tidak akan berimbas pada pelanggan VPS di mesin fisik yang sama. Karena dibebankan langsung pada server atau mesin fisik lainnya.

Dari penjelasan tersebut, dapat kita ambil kesimpulan jika pelanggan VPS generasi pertama mengalami gangguan, maka mereka akan diarahkan ke server utama. Hal ini berbeda dengan sistem Cloud Server atau Cloud VPS. Jika ada satu pelanggan VPS pada VPS generasi pertama yang melebihi batas akses memorinya, maka bisa dialihkan kepada server utama lainnya. Sehingga tidak akan mempengaruhi kinerja pelanggan VPS generasi pertama lainnya. Kelebihan dari sistem Cloud Server yakni setiap user memiliki hak penuh atas macam sistem operasi dan aplikasi yang mereka gunakan. Layanan ini cocok bagi bisnis Anda yang telah merambah seluruh Indonesia dan dunia internasional. Karena, user akan diarahkan pada server terdekatnya.

Meskipun lebih aman menggunakan Cloud Server, saat ini masih banyak user yang memilih menggunakan VPS generasi pertama. Karena harganya yang lebih murah dibandingkan dengan Cloud Server.

Web Hosting. Web hosting layanan untuk menyewakan kapasitas memori guna membangun lapak online Anda. Biasanya platform dipilih dari penyedia jasa web hosting. Sehingga, Anda tidak bisa lagi mengkonfigurasi tampilan dan mekanisme platform alamat website Anda. Namun keuntungannya, hal ini sangat memudahkan jika Anda masih pemula dalam bisnis online. Karena Anda hanya tinggal mengikuti petunjuk dari platform yang ada. Dan itu berlangsung selama-lamanya. Namun jika pelanggan dan aktivitas halaman website Anda semakin pada, maka sudah waktunya bagi Anda untuk pindah hosting.

Jadi VPS Indonesia yang ada saat ini terdiri dari dua macam berdasarkan mekanisme kerjanya yakni VPS generasi pertama dan VPS generasi kedua yang terkenal dengan Cloud Server. Kedua jenis ini cocok untuk bisnis Anda yang telah meluas. Sedangkan Web hosting lebih cocok untuk digunakan oleh pebisnis pemula.

Salah satu penyedia jasa web hosting murah dan tidak murahan adalah DomaiNesia. Mereka menggunakan penyimpanan SSD atau Solid State Drive yang menjamin akses data dengan cepat dan jarang sekali terjadi down. Sekarang tinggal Anda pilih yang sesuai dengan kapasitas bisnis Anda. Mau pakai VPS atau Web Hosting?